Rancangan
Tindakan Aksi Nyata
- Latar Belakang
SMK Muhammadiyah 2 Sragen adalah salah satu SMK Swasta yang ada di Kabupaten Sragen. Sekolah ini terletak didekat pusat Kota sragen yang berjarak 3 km kearah timur, dekat dengan RSUD Kab Sragen, dekat pula dengan Kantor Puusat PMI Kabupaten Sragen, sehingga bisa dianggap strategis lokasinya, walaupun bukan tepat berada di pinggir jalan raya sukowati (Jalan Raya Timur Sragen).Sekolah ini sering dijadikan pioner Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Kabupaten karena hanya Sekolah ini yang pernah Juara LKS Tingkat Nasional di Kabupaten Sragen. Hal ini dikarenakan potensi warga sekolah. Aset atau Sumber daya yang ada di sekolah inilah yang memajukan sekolah ini.Untuk itu saya mencoba memetakan kekuatan positif yang ada disekolah ini dibantu dengan komunitas sekolah ini, dengan menggunakan Inquiry Apresiatif model pendekatan BAGJA. dengan harapan melalui pendekatan BAGJA ini akan dapat memaksimalkan manfaat aset bagi ekosistem sekolah, dan mendukung pembelajaran.
- Tujuan
1. Meningkatkan kemajuan sekolah bagik kualitas maupun kuantitas siswanya.
2. Meningkatkan wellbeing murid/siswa
3. Sekolah yang berpihak kepada murid
tujuan tujuan tersebut diharapkan bisa terwujud dengan adanya Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan di SMK Muhammadiyah 2 Sragen. - Tolok Ukur
Tolok ukur prakarsa perubahan ini adalah tercapainya kualitas pembelajaran yang lebih berpihak kepada murid sesuai profil Pelajar Pancasila dalam memberdayakan aset sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah.
- Lini Masa Tindakan
Pendekatan dalam lini masa ini adalah BAGJA, yaitu :
1. Buat Pertanyaan
- Memetakan karakteristik dan aset sekolah melalui angket, wawancara, dan rapat koordinasi dengan Team Pengembang Sekolah.
- Mensosialisasikan Implementasi Kurikulum Merdeka bersama Team Pengembang Kurikulum
- Memberdayakan komunitas praktisi untuk melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid berdasarkan aset yang dimiliki.
2. Ambil Pelajaran
- Melakukan Observasi diri sekolah dan analisis Hasil Rapor Sekolah Tahun 2022
- Melakukan studi banding maupun studi informasi dan digital
- memetakan aset dan potensi ekosistem sekolah.
3. Gali Mimpi
- Berkoordinasi dengan berbagai pihak tentang implementasi kurikulum merdeka
- komitmen dalam menjalankan pembelajaran yang berpihak pada murid
- optimalisasi pemberdayaan aset sekolah
4. Jabarkan Rencana
- Menyusun jadual kegiatan dan pelaksanaan program menggali karakteristik daerah yang diangkat menjadi aset sekolah bersama komunitas praktisi
- Menyuusun indikator keberhasilan dalam bentuk angket sesuai kriteria.
5. Atur Eksekusi
- Menyuusun Team Kerja
- Menyepakati tenggang masa penyelesaian kerja masing masing team - Dukungan yang diperlukan
Aksi ini diperlukan adanya kolaborasi seluruh aset ekosistem sekolah, utamanya adalah aset (modal) manusia, Kepala sekolah, Rekan sejawat, Tenaga Kependidikan, Murid, Orang Tua/Wali Murid. serta adanya dukungan sarana prasarana, finansial, dan semua anggota komunitas baik yang aktif maupun yang pasif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar