Koneksi Antar Materi - Budaya Positif
Budaya sekolah menurut Fullan (2007) adalah
keyakinan-keyakinan dan nilai-nilai yang terlihat dari bagaimana sekolah
menjalankan aktivitas sehari-hari. Sedangkan Deal dan Peterson (1999)
mendefinisikan budaya sekolah sebagai berbagai tradisi dan kebiasaan keseharian
yang dibangun dalam jangka waktu yang lama oleh guru, murid, orang tua, dan
staf administrasi yang bekerjasama dalam menghadapi berbagai krisis dan
pencapaian.
Budaya positif penting dikembangkan di
sekolah. Mutu sekolah dapat dilihat dari budaya positif yang hidup dan
dikembangkan warga sekolah.Dalam mewujudkan budaya positif ini, guru memegang
peranan sentral. Guru perlu memahami posisi apa yang tepat untuk dapat
mewujudkan budaya positif baik lingkup kelas maupun sekolah. Selain itu, pemahaman
akan disiplin positif juga diperlukan karena sebagai pamong, guru diharapkan
dapat menuntun murid untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab.
Budaya positif disekolah membantu mencapai
visi sekolah impian,untuk mewujudkan visi sekolah impian kita harus pahami
bahwa yang tampak dan dapat dilihat oleh kita dari budaya sekolah apa
yang ada disekitar kita seperti kegiatan belajar mengajar yang diterapkan, jam
belajar, upacara sekolah, ekstrakurikuler, tata tertib sekolah, kebersihan
sekolah dan sebagainya yang dapat dilihat oleh kita. peran guru sebagai
ujung tombak kualitas pendidikan di sekolah sangatlah penting.
Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
Tidak ada komentar:
Posting Komentar